03 Des 2019

Seminar Implementation of Digital Technology in Nursing Service

Seminar Implementation of Digital Technology in Nursing Service

Mahasiswa Magister Keperawatan STIK Sint Carolus mengadakah Seminar Ilmiah dengan tema "Implementation of Digital Technology in Nursing Service" pada tanggal 28 September 2019.

Pengembangan tehnologi untuk mendukung terlaksananya pelayanan keperawatan harus disertai dengan dukungan dari seluruh pihak yang bersinggungan. Peran perawat manajer dalam membangun dan mempertahankan teamwork untuk mempertahankan efektifitas perubahan, dan kemampuan perawat manajer untuk menjadi agen perubahan menjadi kunci pelaksanaan pengembangan tersebut. Salah satu tantangan yang ada saat ini bagi perawat manajer adalah menjadi pendorong terjadinya perubahan dalam penggunaan sistem terintegrasi berbasis elektronik di era digital. Peran tersebut sangat besar artinya bagi efektifitas kinerja perawat klinik.

Perawat klinik sebagai pelaksana pembaharu, akan menjadi bagian penting dalam perubahan tehnologi ini. Pergeseran aktifitas pelayanan keperawatan dari konvensional menjadi modern membutuhkan pemahaman dan keterampilan yang baik dalam menerima perubahan. Pengembangan tehmologi yang ditujukan unutk memantau kondisi pasien gagal ginjal yang menggunakan CAPD, ditujukan untuk mempermudah pemantauan dan mempertinggi keakuratan informasi yang dibutuhkan oleh pemberi asuhan. Kemudahan dalam penggunaan fasilitas dengan tehnologi tinggi, tidak kemudian menghilangkan konsep berpikir kritis maupun sikap caring dari diri seorang perawat. Demikian juga dalam pengunaan alat pemantauan pasien berbasis tehnologi yang ditujukan untuk mempermudah komunikasi seluruh pemberi asuhan. Dengan pengembangan sistem pelayanan keperawatan berbasis tehnologi, diharapkan mutu pelayanan dapat ditingkatkan dan pasien mendapatkan waktu perawatan yang lebih banyak oleh karena duplikasi tugas perawat dapat diminimalkan.

Pembicara pada Seminar ini yaitu :

  1. Konsep Pengembangan Teknologi dalam Pelayanan Keperawatan dan Tantangan Perubahan Peran dan Fungsi Perawat di Era Digital (Dr. Hanny Handayani, S.Kp., M.Kep)
  2. Perandan Fungsi Perawat Manajer dalam Aplikasi Perubahan Dokumentasi Keperawatan di Era Digital (Ns. Elisabeth Herlina, S.Kp)
  3. Konsep Asuhan Keperawatan Terintegrasi di Era Digital pada Pasien Menggunakan CAPD (Ns. Minar Gultom, S.Kp)
  4. Aplikasi Penggunaan Teknologi dalam Dokumentasi Asuhan Terintegrasi (SIRSAK) di Rumah Sakit (Dr. Diyurman Gea, S.Kom., M.M)
  5. Aplikasi Penggunaan Teknologi untuk Mendukung Intervensi CAPD (Ns. Minar Gultom, S.Kp)

Info Kampus Lainnya

PEMBELAJARAN TAHUN 2020/2021

PEMBELAJARAN TAHUN 2020/2021

Oleh Dimas Edy
04 Des 2020

Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru

Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru

Oleh Ferdinan
07 Sep 2021