10 Jul 2021

Berkarir sebagai bidan

Berkarir sebagai bidan

Jadi Bidan… Berkarir? Memang bisa?? Caranya??? Mmmm...

Hai teman – teman semuanya kita ketemu lagi, salam sehat. Sambil membantu program pemerintah terkait pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tentunya teman – teman tetap ada dirumah kan? Kecuali yang memang bertugas.

Nah biar ga bosen kita sharing yuk….

Sharingnya gak berat kok, sambil duduk – duduk mengisi waktu, kita ada informasi menarik nih, tentunya bermanfaat untuk teman – teman.

Kira – kira kita sharing apa ya?

Yup benar, tidak lain kita akan berbagi informasi terkait Bidan. Kalau kalian masih ingat artikel pertama kita sudah bahas tentang siapa itu bidan, pastinya kalian sudah baca dong. Nah sekarang kita akan sharing tentang karir Bidan, maksud karir bidan itu apa sih? Mungkin gak sih bidan bisa berkarir? Trus caranya gimana dong?

Karir bidan disini maksudnya ruang lingkup kerja bidan. Ruang lingkup bidan dimana aja sih? Apakah hanya di rumah sakit atau hanya buka praktik mandiri Bidan?

Oooo,tentu tidak…

Sini aku kasih bocoran.....

Ternyata tempat kerja bidan itu banyak loh teman – teman… Mau tau… Bener mau tau?

Kalau begitu yuk lanjut….

Teman-teman pekerjaan itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan karir loh. Prinsip dari perkembangan karir bidan dikaitkan dengan peran, fungsi dan tanggung jawabnya, yakni: bidan sebagai pelaksana, bidan sebagai pengelola, bidan sebagai pendidik, dan bidan sebagai peneliti.

Bagaimana teman –teman, banyak kan peluang karir bidan, mau tau lebih dalam ga dari masing-masing tugas itu? yukk simak…

  1. Pertama kita bahas bidan sebagai pelaksanaya, tugas bidan disini adalah melaksanakan tugas mandiri, kolaborasi atau kerjasama. Peran bidan disini tidak hanya kita bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan saja loh, tapi bisa melakukan tugas pelaksana dalam kegiatan peningkatan kesehatan ibu dan anak, misalnya memberi pelayanan mandiri di PMB dan berkolaborasi antar tenaga kesehatan. Dapat juga memberikan inovasi pelayanan yang sedang hits saat ini seperti yoga, baby spa dan lain-lain.
  2. Kedua, tugas bidan sebagai pengelola yaitu tugas untuk mengembangkan pelayanan dasar kebidanan terutama pelayanan kebidanan untuk individu, keluarga, kelompok dan masyarakat diwilayah kerjanya yang melibatkan klien atau masyarakat. Dalam hal ini bidan bekerja melaksanakan program kesehatan misalnya peningkatan kader kesehatan, peningkatan tenaga kesehatan yang berada diwilayah kerja, dapat juga memberdayakan perempuan untuk meningkatkan kesehatan dirinya, pemanfaatan potensial lokal untuk diambil nilai – nilai positifnya. Nah disini kita bisa berperan memfasilitasi dalam mengelola satu kelompok kegiatan masyarakat.
  3. Ketiga, bidan sebagai pendidik, nah teman – teman yang punya cita – cita atau hobby mengajar bisa nih masuk kesini. Dalam peran bidan menjadi pendidik, bidan dapat bekerja sebagai Dosen di Intitusi Pendidikan yang tugasnya mendidik siswa – siswa Kebidanan. Pendidikan kebidanan di Indonesia sudah semakin berkembang, tentunya jika kalian ingin menjadi dosen harus memenuhi kualifikasi yang disyaratkan.
  4. Keempat, bidan sebagai peneliti. Bidan sebagai peneliti? Keren ya… Peran bidan sebagai peneliti adalah melakukan investigasi atau penelitian dalam bidang kesehatan khususnya kebidanan, baik secara mandiri maupun berkelompok. Dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah melalui aktifitas penelitian yang hasilnya nanti dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Tapi kerjanya dimana sih?

Tenang tempat kerjanya banyak kok teman – teman.

Tempat kerjanya bisa bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik atau bikin usaha sendiri yaitu membuka praktik sendiri yang dikenal dengan Praktik Mandiri Bidan (PMB), bisa bekerja di pemerintahan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) misalnya di Departemen Kesehatan atau di Dinas Kesehatan, bisa juga bekerja sebagai tenaga pendidik tentunya bekerja di universitas atau intitusi kesehatan yang ada program studi kebidanan.

Ini baru yang didalam negeri, bidan juga bisa berkarir keluar negeri loh, tentunya menjadi bidan. Banyak alumni yang bersekolah di Prodi Kebidanan STIK Sint Carolus lalu bekerja diluar negeri misalnya di Jepang, Amerika dan Belanda.

Gimana... Okey kan jadi bidan?

Tertarik?

Atau masih ragu dengan karir dan peluang kerja bidan??

Siapasih yang tidak mau lulus kuliah langsung bekerja? Semua mau donk, lulus kuliah langsung bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Makanya jangan ragu. Ayo tentukan pilihan menjadi bidan.

Dan Jangan salah pilih kampus ya… Tentunya Program Studi Kebidanan Program Sarjana terbaik, terkeren dan terpercaya ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus.

Jangan sampai terlambat mumpung masih buka pendaftarannya. Cuss kepoin websitenya ya...

Untuk lebih jelas terkait pendaftaran boleh lihat di www.stik-sintcarolus.ac.id atau http://pmb.stik-sintcarolus.id. Jangan lupa follow juga IG kita ya di @stik_sintcarolus @kebidananstiksintcarolus dan  @hima_kebidanan_sc.

 

Salam Sehat

Program Studi Kebidanan Program Sarjana

 

Ditulis oleh: Ni Nyoman Sri Artina Dewi, S.ST., M.Keb

Kegiatan Kampus Lainnya

The Healthcare Show

The Healthcare Show

Oleh Nony
10 Ags 2021