12 Jun 2021

Mengenal S1 Kebidanan STIK Sint Carolus

Mengenal S1 Kebidanan STIK Sint Carolus

Hai Carolusian dan Sahabat Carolusian…

Tetap semangat dan selalu menebar cinta kasih dimanapun kamu berada…...

 

Sahabat Carolusian…Menurut kamu profesi apa yang selain bisa mengembangkan diri sekaligus membantu sesama? Ayo apa coba? HEALTH CARE PROFESSIONAL….ya Tenaga Kesehatan Prpofesional. Salah satu tenaga Kesehatan professional itu adalah BIDAN.

 

Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan praktik Kebidanan. Bidan memberikan pelayanan kebidanan kepada perempuan selama masa sebelum hamil, masa kehamilan, persalinan, pascapersalinan, masa nifas, bayi baru lahir, bayi, balita, dan anak prasekolah, termasuk kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Pelayanan Kebidanan merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang dilakukan secara terus-menerus (Continuum of Care) dengan memberdayakan perempuan dan keluarga, serta masyarakat. Jadi, bidan itu tidak hanya membantu pertolongan persalinan dan suntik kb saja.

 

Sahabat Carolusian…jika kita bicara tentang investasi. Bidan merupakan salah satu investasi masa depan tidak saja hanya untuk kepentingan pribadi namun juga untuk bangsa dan negara. Salah satu kepentingan pribadinya apa sih? Tidak muluk-muluk alasannya, Pernah denger orang bilang “MANTU IDAMAN ITU BIDAN?” Pengen jadi mantu idaman? Jadi bidan dulu kalau gitu.. Selain itu ilmu yang kamu tekuni bisa jadi bekal ketika jadi “ibu” untuk membangun keluarga sendiri.

 

Secara tidak langsung, bidan turut berkontribusi dalam pembangunan kesehatan dan kemajuan negara. Nah klo kita berbicara tentang bangsa dan negara, menjadi bidan, berarti turut serta dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Develompent Goal (SDGs) pada 2030, terutama untuk mengurangi kematian dan penyakit ibu dan bayi yang bisa dihindari, serta memastikan akses universal terhadap hak dan kesehatan seksual dan reproduksi.

 

Seorang bidan dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dalam memberikan layanan. Tidak hanya hard skill atau pengertahuan  saja, namun soft skill juga dituntut untuk selalu dikembangkan di dalam kehidupan serta di dunia kerja. Nah, jika kalian memiliki impian menjadi Tenaga Kesehatan Professional yang kompeten disertai soft skill yang diacungi jempol. STIK Sint Carolus merupakan pilihan yang paling tepat untuk mencapai impianmu itu. Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Profesi Bidan  merupakan salah satu program studi di STIK Sint Carolus yang menghasilkan Bidan Profesional.

 

 

Kenapa  Kebidanan?

Alasan yang pertama, pendidikan kebidanan carolus itu sudah ada dari zaman Belanda, jadi terpercaya dong untuk kualitasnya. Kedua,dosen-dosen nya berkualified lho, lulusan pendidikan mereka dari dalam dan luar negeri. Ketiga, Kebidanan STIK Sint Carolus meluluskan mahasiswi > 95%. Apa sih uji kompetensi itu? Itu lhooo,,, test yang diadakan negara untuk mengukur standarisasi kemampuan dan kompetensi tenaga kesehatan.

 

Apa Keunggulannya?

Rata-rata alumni kebidanan STIK Sint Carolus, terserap kurang dari 3 bulan dari masa lulusan. Serapannya dimana aja? Di dalam dan luar negeri, baik di RS swasta dan pemerintah, puskemas, enterprenuer, instansi pendidikan bahkan sebagai perwakilan rakyat di tatanan pemerintah. Enterpreneur disini maksudnya gimana ya? Profesi bidan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan membuka Praktik Mandiri yang legal dan diakui pemerintah.

 

Sahabat Carolusian… Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Profesi Bidan  mengintegrasikan nilai-nilai serta soft kill di setiap kegiatan akademik maupun non akademik. Nilai-nilai apa saja yang bisa kamu dapatkan selama melanjutkan kuliah di STIK Sint Carolus?

  1. Iman, Harapan dan Cinta Kasih
  2. I-CARE

       Pendidikan Kesehatan Sint Carolus melaksanakan kegiatannya berlandaskan spiritualitas Kongregasi CB dalam nilai-nilai I-CARE. Apa itu I Care?

Integritas, Profesional, Compassion, Assurance, Respect, Embrace/Innovation

  1. Caring
  2. Humanistik

Nilai nilai ini selalu diintegrasikan selama proses belajar mengajar di kelas/laboratorium/lahan praktik. Banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang dilakukan dosen bersama mahasiswi serta alumni. Contohnya : Kegiatan Seminar, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Acara Kebersamaan baik memperingati hari besar ataupun tutup tahun.

 

 

Masih banyak info dan kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu dapatkan dengan cara kepoin  website http://stik-sintcarolus.ac.id IG @stik_sintcarolus @kebidananstiksintcarolus @hima_kebidanan_sc

 

Ayo jangan ragu lagi, ajak teman-temanmu dan informasikan kepada orangtua, sanak saudara, relasi untuk pilih STIK Sint Carolus.

Mari bergabung bersama kami di Program Studi Kebidanan Program Sarjana.

 

 

Salam Sehat

Proud to be Carolusian and Proud to be Midwife.

 

Program Studi Kebidanan Program Sarjana

Ditulis oleh: Bd. Eviyani Manungkalit, M.Keb

Kegiatan Kampus Lainnya

STIK Sint Carolus Fight Covid 19

STIK Sint Carolus Fight Covid 19

Oleh Dimas Edy
24 Mar 2020