Kegiatan Kampus

Seminar Implementation Of Digital Technology In Nursing Service

September 27, 2019 | By : Admin


Mengacu pada konsep lingkungan menurut Nightingale bahwa keperawatan adalah “untuk membantu alam dalam penyembuhan pasien”, terkandung pesan kepada perawat untuk selalu berusaha menciptakan dan mempertahankan lingkungan terapeutik yang akan meningkatkan kenyamanan dan pemulihan pasien. Menengok perkembangan alam saat ini, dimana era digital telah semakin kuat mendominasi aspek kehidupan, dunia kesehatan tidak terlepas dari dampak terhadap perkembangan tersebut.

Selama beberapa dekade terakhir, layanan kesehatan telah diadaptasi dan diubah untuk mengakomodasi perubahan teknologi dan perubahan kebutuhan. Bagi mereka yang memberikan layanan kesehatan, transisi ini mungkin disambut baik atau mungkin sangat menakutkan - hampir menghilang catatan dengan tulisan tangan dan tulisan- tulisan resep, di diganti dengan layar/ screen dan perangkat lunak. Dorongan untuk terus mengembangkan tehnologi di dunia kesehatan berpijak pada efisiensi dan efektifitas akan tetapi tidak boleh terlepas dari tujuan utama yaitu keselamatan pasien.

Upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas tanpa meninggalkan faktor keselamatan pasien menjadi kunci perkembangan tehnologi yang tetap memihak pada terciptanya lingkungan yang terapeutik bagi pasien. Pengembangan metoda dokumentasi asuhan keperawatan tidak serta merta meninggalkan konsep proses keperawatan yang dipercaya sebagai langkah terstruktur dalam pemberian pelayana keperawatan. Untuk itu perawat perlu mempelajari bagaimana konsep asuhan keperawatan dalam sistem yang dibangun selaras dengan pengembangan tehnologi.

Pengembangan tehnologi untuk mendukung terlaksananya pelayanan keperawatan harus disertai dengan dukungan dari seluruh pihak yang bersinggungan. Peran perawat manajer dalam membangun dan mempertahankan teamwork untuk mempertahankan efektifitas perubahan, dan kemampuan perawat manajer untuk menjadi agen perubahan menjadi kunci pelaksanaan pengembangan tersebut. Salah satu tantangan yang ada saat ini bagi perawat manajer adalah menjadi pendorong terjadinya perubahan dalam penggunaan sistem terintegrasi berbasis elektronik di era digital. Peran tersebut sangat besar artinya bagi efektifitas kinerja perawat klinik.

Perawat klinik sebagai pelaksana pembaharu, akan menjadi bagian penting dalam perubahan tehnologi ini. Pergeseran aktifitas pelayanan keperawatan dari konvensional menjadi modern membutuhkan pemahaman dan keterampilan yang baik dalam menerima perubahan. Pengembangan tehmologi yang ditujukan unutk memantau kondisi pasien gagal ginjal yang menggunakan CAPD, ditujukan untuk mempermudah pemantauan dan mempertinggi keakuratan informasi yang dibutuhkan oleh pemberi asuhan. Kemudahan dalam penggunaan fasilitas dengan tehnologi tinggi, tidak kemudian menghilangkan konsep berpikir kritis maupun sikap caring dari diri seorang perawat. Demikian juga dalam pengunaan alat pemantauan pasien berbasis tehnologi yang ditujukan untuk mempermudah komunikasi seluruh pemberi asuhan. Dengan pengembangan sistem pelayanan keperawatan berbasis tehnologi, diharapkan mutu pelayanan dapat ditingkatkan dan pasien mendapatkan waktu perawatan yang lebih banyak oleh karena duplikasi tugas perawat dapat diminimalkan.

Pada akhirnya tehnologi yang dibangun dalam upaya mempermudah organisasi dalam mencapai efisiensi dan efektifitas tidak dapat meninggalkan konsep pasien sebagai manusia yang merupakan pusat pelayanan. Lingkungan terapeutik tetap harus menjadi hal utama yang dipertahankan dalam pengembangan tehnologi di bidang kesehatan.

Pemateri pada seminar keperawatan ini yaitu “Implementation of Digital Technology in Nursing Service” :

  1. Konsep Pengembangan Teknologi dalam Pelayanan Keperawatan dan Tantangan Perubahan Peran dan Fungsi Perawat di Era Digital (Dr. Hanny Handayani, S.Kp., M.Kep)
  2. Peran dan Fungsi Perawat Manajer dalam Aplikasi Perubahan Dokumentasi Keperawatan di Era Digital (Ns. Elisabeth Herlina, S.Kp)
  3. Konsep Asuhan Keperawatan Terintegrasi di Era Digital pada Pasien Menggunakan CAPD (Ns. Minar Gultom, S.Kp) Download di sini
  4. Aplikasi Penggunaan Teknologi dalam Dokumentasi Asuhan Terintegrasi (SIRSAK) di Rumah Sakit (Dr. Diyurman Gea, S.Kom., M.M) Download di sini
  5. Aplikasi Penggunaan Teknologi untuk Mendukung Intervensi CAPD (Ns. Minar Gultom, S.Kp)

Mari segera daftar pada seminar kami..