06 Jun 2021

Hallo Sahabat Carolusian

Hallo Sahabat Carolusian

 

Hallo Sahabat Carolusian!!!

Carolusian?? Apa itu Carolusian? Carolusian adalah sebutan untuk mereka-meraka yang tergabung dalam Kongregasi Carolus Borromeus, sama seperti STIK Sint Carolus. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu kalau STIK Sint Carolus adalah bagian dalam naungan Kongregasi Carolus Borromeus. STIK Sint Carolus sendiri sudah berdiri sejak tahun 1962, yang dulu namanya Akademi Keperawatan terus berubah nama menjadi STIK Sint Carolus dengan melihat kebutuhan generasi muda yang mau melanjutkan ke jenjang S1. Jadi kamu bisa lanjut sekolah ke jenjang S1 Keperawatan.  Tentunya kalau kamu kuliah di STIK Sint Carolus kamu akan disebut Carolusian, kamu bagian dari STIK Sint Carolus. 

Bangga ga jadi Carolusian??? Of Course..... kenapa? Begini ceritanya...... 

Diambil dari nama seorang Santo dalam ajaran Katolik yang bernama Carolus Borromeus yang merupakan Santo yang mengabdikan dirinya dalam pelayanan kepada sesama yang sakit dan miskin. Semangat melayani untuk mereka yang sakit, menderita dan miskin inilah yang menjadi dasar STIK Sint Carolus mengabdikan diri dalam dunia pendidikan kesehatan untuk mencetak tenaga-tenaga kesehatan yang memiliki empati yang tinggi kepada sesama yang membutuhkan. STIK Sint Carolus menanamkan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, displin, peka dan peduli, tangguh, percaya diri yang menjadi bekal utama bagi lulusannya dalam mengabdikan diri bagi sesama melalui pelayanan bidang kesehatan. Jadi lulusan STIK Sint Carolus jaminan deh punya nilai-nilai luhur itu. Gimana....? bangga ga jadi Carolusian? Bangga donk,,, gimana ga bangga, kalau diri kita bisa berguna bagi orang lain dengan semangat melayani bagi sesama plus punya nilai-nilai luhur yang mantabb juga. 

Jadi Cuma segitu aja,, Eits,, Tunggu dulu. Ada lanjutan ceritanya kenapa bangga jadi Carolusian..

STIK Sint Carolus punya program studi (Prodi) Keperawatan, ada S1 Keperawatan Jalur A dan S1 keperawatan Jalur B. Apa bedanya? Bedanya kalau S1 Keperawatan Jalur A itu untuk mereka yang lulus dari SMA mau lanjutin ke S1 Keperawatan, jurusan di SMA nya boleh kok dari IPS juga, jadi ga harus dari jurusan IPA. Nah,, jadi buat kamu yang dari SMA mau lanjut S1 Keperawatan pilihnya program yang ini. Terus kalau S1 Keperawatan Jalur B apa? Kalau ini bagi mereka yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan D3 Keperawatan mau melanjutkan ke jenjang S1. So,,,, kamu bisa ambil program yang ini ya. Jadi, Program Studi S1 Keperawatan di STIK Sint Carolus memfasilitasi semua orang yang mau ambil studi lanjut Sarjana Keperawatan. Oh ya, kalau kamu ambil Progam studi ini kamu nanti akan lulus dengan 2 gelar Lho... Gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Gelar Ners (Ns), jadi kamu sebagai lulusan keperawatan, nama kamu nanti langsung diapit 2 gelar (^_^) ......Proud To Be Carolusian!!

Trusss,, apa bagusnya Program studi (Prodi)  S1 Keperawatan?

Prodi S1 Keperawatan ini memiliki akreditasi “A” dari LamPTKes, nilai yang sempurna untuk sebuah akreditasi. Prodi S1 Keperawatan juga punya misi mencetak lulusan yang bisa bersaing secara global. Jadi lulusan S1 Keperawatan STIK Sint Carolus tidak hanya bekerja di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Bangga ga tuh Carolusian!!

Tapi sebelum cerita tentang lapangan pekerjaan,, ada cerita bagaimana kamu nanti akan di kembangkan di prodi S1 Keperawatan. 

Buat kamu-kamu yang mau jadi Carolusian, kamu nanti akan dapat bimbingan intensif untuk menghadapi Uji Kompentensi Nasional bagi Perawat. Apa buktinya? Buktinya kita STIK Sint Carolus Prodi S1 Keperawatan mendapat ranking 1 sebagai peraih nilai rata-rata terbaik Nasional dan tingkat Regional tahun 2019, ini membuktikan mahasiswanya di persiapkan untuk menghadapi UKOM Nasional dengan tingkat kelulusan UKOM > 97%. Selain itu, di Prodi S1 Keperawatan bukan hanya menekankan pada kemampuan kognitif semata, disini kamu bisa ikut berbagai kegiatan kemahasiswaan mulai dari Paduan suara, Fotografi, jurnalistik, taekwondo dan masih banyak lagi dan yang membanggakan lagi kita sering lho juara dalam kompetisi tersebut... So, antara otak kanan dan otak kiri jadi balance..  Proud To Be Carolusian!!

Nah, sekarang kita cerita tentang lapangan pekerjaan ya...

Langsung aja deh kita list, lulusan S1 Keperawatan STIK Sint Carolus yang kerja di dalam negeri.. ada di RS St. Carolus, RS. Pondok Indah Group, RS. Mitra Keluarga Group, RS. Eka, RS. Cinta Kasih Tzu Chi, RS. Atmajaya, RS. Medistra, RS.Bunda Jakarta, RS. Siloam, RS. Awal Bros, RS. PGI Cikini, RS. Mayapada, RS. Grha Kedoya, dan masih banyak lagi.. Kok hanya RS swasta?? Tenang,,, ni kita list ya yang RS pemerintah ada RS. RSUP Persahabatan, RSPAD Gatot subroto, RSUP Cipto Mangun Kusumo, RS.PON, RS. Jantung Jakarta, RS. Harapan Kita, RS.Dharmais, RSUD Budhi Asih, RSUD Koja, ada juga nih yang bekerja dijajaran pemerintahan yaitu di pemprov DKI. 

Proud To Be Carolusian!!

Banyak banget kan,, dan lulusan S1 keperawatan kita banyak juga lho yang menjabat di manajerial di RS tersebut. Terus lulusan kita juga bukan hanya jadi perawat di RS saja. Ada juga yang bekerja di perusahaan asuransi, ada juga yang berprofesi sebagai tenaga pengajar di Kampus swasta, perawat di sebuah perusahaan asing, bisa kebayang kan,, kerja di perusahaan asing gaji nya berapa.. (^_^), selain itu yang membanggakan juga lulusan S1 Keperawatan kita ada yang membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan pelatihan kelanjutan untuk para perawat. Jadi untuk lahan kerja luas banget.. So,, siapa bilang lulusan perawat hanya bisa kerja di RS.. S1 keperawatan STIK Sint Carolus sudah membuktikan. Proud To Be Carolusian!!

Nah sekarang kita list nih ya negara mana sih lulusan S1 Keperawatan tersebar,, ada di negara Jepang, Qatar, China, Saudi Arabia, Perancis, Belanda, Kuwait,, banyak kan. Proud To Be Carolusian!!

Mau jadi seperti mereka, ga usah ragu-ragu lagi, Yuk gabung dengan kita prodi S1 Keperawatan.

Maju bersama menuju kesuksesan... Proud To Be Carolusian!!

Untuk info lebih lanjut, follow IG kami yah @stiksc_official dan pantengin terus website kita di http://stik-sintcarolus.ac.id/ biar ga ketinggalan update-update seru kegiatan Prodi S1 Keperawatan.

 

Salam Sehat untuk kita semua

 

Ditulis oleh: Ns. Yovita Dwi Setiyowati, S.Kep.,MSN

Kegiatan Kampus Lainnya

STIK Sint Carolus Fight Covid 19

STIK Sint Carolus Fight Covid 19

Oleh Dimas Edy
24 Mar 2020

Apa sih ilmu gizi itu?

Apa sih ilmu gizi itu?

Oleh Nony
30 Mei 2021